PENDAHULUAN
1.1
latar belakang
Alquran ialah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW,
yang pembacaannya menjadi sebuh ibadah.[1]
malalui perantaraan Malaikat Jibril, diriwayatkan secara mutawatir, diawali
oleh surat al-Fatihah di akhiri oleh surat an-Nas,.[2]
Luasnya keanekaragaman karya-karya tafsir tidak dapat dipungkiri
karena telah menjadi fakta bahwa para penafsir pada umumnya mempunyai cara
berfikir yang berbeda-beda, sesuai dengan latar belakang pengetahuan dan
orientasi mereka dalam menafsirkan al-Qur’an. Bermunculanlah karya-karya tafsir
yang beraneka ragam yang kesemuanya berkeinginan untuk memahami apa yang
terdapat didalam al-Qur’an agar dapat membimbing dan menjawab
permasalahan-permasalahan umat manusia dimuka bumi ini.
Terlepas dari perkembangan tafsir yang pesat, maka tidak etis jika
melewatkannya tanpa adanya kajian-kajian terhadap kitab-kitab tafsir tersebut.
Kajian terhadap kitab tafsir sangatlah perlu untuk meneliti, menggukur,
menimpang bahkan untuk mengkritik kitab tetsebut, karena kitab tafsir merupakan
produk pemikiran manusia dan tidaklah sakral. Salah satu kitab tafir yang
pantas diperhitungkan adalah kitab Ruh al-Ma’ani fi tafsir al-Quran ‘Adzim wa
al-sab’i al-Matsani karya Al-alusi.
Karya al-alusi ini bisa dikatakan sebagai kitab tafsir yang
komperhensif, mengingat beliau banyak mengutip pendapat-pendapat ulama
sebelumnya dan disertai kritik yang tajam dan memilih pendapat yang kuat
diantara pendapat-pendapat yang ada. Banyak komentar ulama mengenai kitab
tafsir al-Alusi, baik itu berupa kritik maupun apresiasi, seperti Ruh al-Ma’ani
dikatakan sebagai tafsir Isyari dan lain sebagianya.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
biografi al-Alusi?.
2.
Metode apa yang digunakan al-Alusi dalam
tafsirnya?.
3.
Bagaimana sistematika tafsir al-Alusi?.
4.
Kecendrerungan
atau Corak apa yang kental dalam tafsir al-Alusi?.
1.3 Tujuan Pembahasan
1.
Untuk
mengetahui biografi al-Alusi.
2.
Meneliti
Metode yang digunakan al-Alusi dalam tafsirnya..
3.
Mengidentifikasi
sistematika tafsir al-Alusi.
4.
Menemukan
kecenderugan atau corak yang kental dalam tafsir al-Alusi
PEMBAHASAN
1.
Biografi Al-Alusi
Abu Sana’ Syihabuddin al-Sayyid Mahmud Afandi al-Alusi al-Bagdadi.
Beliau dilahirkan pada hari Jumat tanggal 14 Sya’ban 1217 H/1802 M, di dekat
daerah Kurkh, Baghdad, Irak.[3]
Al-Alusi pernah menjabat sebagai Mufti Baghdad.[4] Ia
memiliki pengetahuan yang luas baik dalam bidang ‘aqli maupun naqli. Ia juga
seorang mahaguru, pemikir dan ahli berpolemik. Sejak usia muda ia sudah mulai
mengarang.[5]
Namun hanya sedikit karyanya yang diwariskan kepada generasi sekarang,
diantaranya adalah Tafsir Ruh al Ma’ani Fi Tafsir al Qur’an al Azim wa al Sab’
al Masani.
Sejak lama al Alusi ingin menuangkan buah pikirannya ke dalam
sebuah kitab. Namun karena merasa belum mampu dan kurangnya kesempatan,
keinginan tersebut belum dapat terwujud. Hingga pada suatu Malam Jum’at di
bulan Rajab tahun 1252 H. beliau
bermimpi diperintah Allah SWT untuk melipat langit dan bumi. Kemudian (masih
dalam keadaan mimpi) beliau mengangkat satu tangan ke arah langit dan satu
tangan ke tempat mata air, kemudian beliau terbangun. Setelah dicari, ternyata
tafsir mimpi tersebut adalah bahwa beliau diperintah mengarang sebuah kitab
tafsir. Maka, beliau mulai mengarang kitab tafsir tersebut pada tanggal 16
Sya’ban 1252 H, pada usia 34 tahun. Di zaman pemerintahan Sultan Mahmud Khan bin
Sulthan Abdul Hamid Khan.[6]
dan beliau selesai menyusun kitab tersebut pada malam selasa di bulan rabi’ul
akhir tahun 1267 H. kurang lebih disusun dalam kurun waktu 15 tahun.[7]
Setelah beliau meninggal kitab tersebut disempurnakan oleh putranya, Sayyid
Nu’man al-Alusi.
Adapun
yang memberikan nama kitab tafsir ini adalah perdana menteri saat itu yang bernama
Ali Ridho pasya. Setelah begitu
lama al-Alusi mempertimbangkan judulnya, dan ketika Ali Ridho Pasya memberi
nama , al-Alusi pun setuju, yakni dengan nama Ruhul Ma’ani fi Tafsiril
Qur’anil Adzim was Sab’il Matsani. dimana di dalamnya terdiri dari 16
jilid. Jilid 1:635 halaman, 2:272 halaman, 3:416 halaman, 4:319 halaman, 5:270 halaman,
6:238 halaman, 7:399 halaman, 8:395 halaman, 9:431 halaman, 10:380 halaman,
11:251 halaman, 12:347 halaman, 13:206 halaman, 14:300 halaman, 15:248 halaman,
dan 16:523 halaman. Diterbitkan Beirut dengan penerbit: Dar al Kutub al Ilmiyah.
Kitab tafsir ini sempat mengundang takjub dan senang Sultan Abdul
Majid Khan, ketika beliau mengunjungi kota Qistintiniyyah (sekarang
Kostantinopel atau Istanbul, Turki) pada tahun 1267 H. Al-Alusi sendiri menetap
di kota ini selama dua tahun (1267 H-1269 H). Menurut suatu kisah, diceritakan
bahwa dalam masa penyusunan kitab Ruhul Ma’ani ini terdapat suatu kisah
atau cerita yang ajaib. bahwa al-Alusi
seharian penuh menggunakan waktunya untuk mengajar, sedangkan pada malam hari
juga dipergunakan untuk mengajar, jadi, kemungkinan al-Alusi hanya menyusun
kitab tersebut pada malam hari saja.[8]
Al-Alusi di dalam bidang fiqih beliau bermadzhab Syafi’i, namun
dalam banyak hal beliau mengikuti mazhab Hanafi. Bahkan beliau juga memiliki
kecenderungan berijtihad. Sedangkan dalam aqidah mengikuti aqidah sunni.[9]
al-Alusi wafat Pada umur 53
tahun atau tepatnya pada tanggal 25 Zulhijjah 1270 H. beliau dimakamkan di
dekat makam Syaikh Ma’ruf al-Khrakhi, salah seorang tokoh sufi yang sangat
terkenal di kota Kurkh.[10]
2.
Bentuk penafsiran Al-Alusi.
Dalam penafsirannya, Imam
Al- Alusi kerap menggunakan analisis
naqly yang bersumber dari al quran, hadits, khabar sahabat, dan atsar
tabi’in dan aqly yang bersumber dari rasionalitas beliau. Secara umum, dari
metode pendekatan dan metode analisisnya, menggunakan pendekatan tahlily dan
Tafshily.
Adapun untuk sumber tafsirnya, beliau kerap menggunakan tafsir
komparatif (muqaranah), artinya penafsiran beliau adalah kombinasi antara
metode ar-ra’yu dengan al-ma’tsur. Berikut adalah contoh penafsiran beliau,
perhatikan sampel ayat dalam surat
Al-Baqarah, 282;
يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ إِذَا
تَدَايَنتُم بِدَيْنٍ إلى أَجَلٍ
مُّسَمًّى فاكتبوه فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُم
كَاتِبٌ بالعدل
}يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ } بالله تعالى وبما جاء منه { إِذَا
تَدَايَنتُم } أي تعاملتم وداين بعضكم بعضاً { بِدَيْنٍ } فائدة ذكره تخليص
المشترك ودفع الإيهام نصراً لأن ( تداينتم ) يجيء بمعنى تعاملتم بدين ، وبمعنى
تجازيتم ، ولا يرد عليه أن السياق يرفع لأن الكلام في النصوصية على أن السياق قد
لا يتنبه له إلا الفطن ، وقي : ذكر ليرجع إليه الضمير إذ لولاه لقيل : فاكتبوا
الدين فلم يكن النظم بذلك الحسن عند ذي الذوق العارف بأساليب الكلام ، واعترض بأن
التداين يدل عليه فيكون من باب ) اعدلوا
هُوَ أَقْرَبُ ( [ المائدة : 8 ] وأجيب بأن الدين لا يراد به المصدر بل هو أحد
العوضين ولا دلالة للتداين عليه إلا من حيث السياق ولا يكتفي به في معرض البيان لا
سيما وهو ملبس، وقيل : ذكر لأنه أبين لتنويع الدين إلى مؤجل ، وحال لما في التنكير
من الشيوع والتبعيض لما خص بالغاية ولو لم يذكر لاحتمل أن الدين لا يكون إلا كذلك
{ إلى أَجَلٍ } أي وقت وهو متعلق بتداينتم ، ويجوز أن يكون صفة للدين أي مؤخر أو
مؤجل إلى أجل {مُّسَمًّى } بالأيام أو
الأشهر ، أو نظائرهما مما يفيد العلم ويرفع الجهالة لا بنحو الحصاد لئلا يعود على
موضوعه بالنقض { فاكتبوه } أي الدين بأجله لأنه أرفق وأوقف؛ والجمهور على استحبابه
لقوله سبحانه : { فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا } والآية عند بعض ظاهرة في أن
كل دين حكمه ذلك، وابن عباس يخص الدين بالسلم فقد أخرج البخاري عنه أنه قال : أشهد
أن السلف المضمون إلى أجل مسمى أن الله تعالى أجله وأذن فيه ثم قرأ الآية واستدل
الإمام مالك بها على جواز تأجيل القرض { وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُم كَاتِبٌ بالعدل }
بيان لكيفية الكتابة المأمور بها وتعيين من يتولاها إثر الأمر بها إجمالاً،
ومفعول
يكتب محذوف ثقة بانفهامه أو للقصد إلى إيقاع نفس الفعل والتقييد بالظرف للإيذان
بأنه ينبغي للكاتب أن لا ينفرد به أحد المتعاملين دفعاً للتهمة والجار متعلق
بمحذوف وقع صفة للكاتب أي ليكن الكاتب من شأنه التسوية وعدم الميل إلى أحد
الجانبين بزيادة أو نقص ويجوز أن يكون ظرفاً لغواً متعلقاً بكاتب أو بفعله ،
والمراد أمر المتداينين على طريق الكناية بكتابة عدل فقيه دين حتى يكون ما يكتبه
موثوقاً به متفقاً عليه بين أهل العلم ، فالكلام كما قال الطيبي مسوق لمعنى ،
ومدمج فيه آخر بإشارة النص وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية
في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب
الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون ، ومن لم يكن كذلك يجب على الإمام أو نائبه منعه
لئلا يقع الفساد ويكثر النزاع والله لا يحب المفسدين . وهو اشتراط الفقاهة في
الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل
بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون.
Penjelasan:
Pada
tafsiran potongan ayat diatas, beliau mengawali tafsirnya dengan tidak
sekalipun mengambil sumber dari ayat lain, hadis atau pendapat sahabat.
Artinya, beliau cenderung bersumber dari analisis ar-ra’yu meskipun hanya
sebatas pamaknahan kata. Perhatikan!
} يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ } بالله تعالى وبما جاء منه { إِذَا
تَدَايَنتُم } أي تعاملتم وداين بعضكم بعضاً { بِدَيْنٍ } فائدة ذكره تخليص
المشترك ودفع الإيهام نصراً لأن ( تداينتم ) يجيء بمعنى تعاملتم بدين ، وبمعنى
تجازيتم ، ولا يرد عليه أن السياق يرفع لأن الكلام في النصوصية على أن السياق قد
لا يتنبه له إلا الفطن ، وقي : ذكر ليرجع إليه الضمير إذ لولاه لقيل : فاكتبوا
الدين فلم يكن النظم بذلك الحسن عند ذي الذوق العارف بأساليب الكلام
Selanjutnya,
beliau menjelaskan ada ulama yang
berpendapat bahwa kata تَدَايَنتُم itu
satu bab dengan ayat pada surat Al-Maidah ayat 8 dengan
pernyataannya;
)واعترض بأن التداين يدل عليه فيكون من باب ) اعدلوا هُوَ أَقْرَبُ [ المائدة[
Setelah
itu, beliau menganalisnya sendiri secara nahwiyah dan berkomentar bahwa kata التداين itu berasal dari kata دَيْنٍ dengan penjelasannya;
وأجيب بأن الدين لا يراد به المصدر بل
هو أحد العوضين ولا دلالة للتداين عليه إلا من حيث السياق ولا يكتفي به في معرض
البيان لا سيما وهو ملبس، وقيل : ذكر لأنه أبين لتنويع الدين إلى مؤجل ، وحال لما
في التنكير من الشيوع والتبعيض لما خص بالغاية ولو لم يذكر لاحتمل أن الدين لا
يكون إلا كذلك { إلى أَجَلٍ } أي وقت وهو متعلق بتداينتم ، ويجوز أن يكون صفة
للدين أي مؤخر أو مؤجل إلى أجل { مُّسَمًّى } بالأيام أو الأشهر ، أو نظائرهما مما
يفيد العلم ويرفع الجهالة لا بنحو الحصاد لئلا يعود على موضوعه بالنقض { فاكتبوه }
أي الدين بأجله لأنه أرفق وأوقف؛ والجمهور على استحبابه لقوله سبحانه : { فَإِنْ
أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا } والآية عند بعض ظاهرة في أن كل دين حكمه ذلك،
Sebagian dari metode bil-ma’tsur
nya, beliau melanjutkan penafsirannya dengan mengambil pendapat imam Ibnu
Abbas, hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dan istidlal dari Imam Malik
seperti berikut;
وابن عباس يخص الدين بالسلم فقد أخرج البخاري عنه أنه
قال : أشهد أن السلف المضمون إلى أجل مسمى أن الله تعالى أجله وأذن فيه ثم قرأ
الآية واستدل الإمام مالك بها على جواز تأجيل القرض
.
Selanjutnya,
beliau mengulas lagi salah satu kata secara nahwiyah mengenai kata يَكْتُب yang menurut beliau maf’ul bih dari fiil tersebut
dibuang (tidak dicantumkan /makhdzuf) dan seterusnya.
}وَلْيَكْتُب
بَّيْنَكُم كَاتِبٌ بالعدل } بيان لكيفية الكتابة المأمور بها وتعيين من يتولاها
إثر الأمر بها إجمالاً، ومفعول يكتب محذوف ثقة بانفهامه أو للقصد إلى إيقاع
نفس الفعل والتقييد بالظرف للإيذان بأنه ينبغي للكاتب أن لا ينفرد به أحد
المتعاملين دفعاً للتهمة والجار متعلق بمحذوف وقع صفة للكاتب أي ليكن
الكاتب من شأنه التسوية وعدم الميل إلى أحد الجانبين بزيادة أو نقص ويجوز أن يكون
ظرفاً لغواً متعلقاً بكاتب أو بفعله
Seperti yang kami bahas dalam
biografinya, imam Al-Alusi juga tenar ahli ijtihad (fiqh) sehingga hal ini
mempengaruhi corak penafsirannya dalam ayat ini dengan analisis fiqh sekalipun
ia juga mengambil beberapa pendapat fuqaha. Hal ini nampak dalam penafsirannya
diatas dengan kalimat;
والمراد أمر المتداينين على طريق الكناية بكتابة عدل فقيه دين حتى يكون ما
يكتبه موثوقاً به متفقاً عليه بين أهل العلم ، فالكلام كما قال الطيبي مسوق
لمعنى ، ومدمج فيه آخر بإشارة النص وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على
التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على
أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون ، ومن لم يكن كذلك يجب على الإمام أو
نائبه منعه لئلا يقع الفساد ويكثر النزاع والله لا يحب المفسدين .وهو اشتراط
الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً
ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون
Dari analisa terhadap tafsian Imam Al-Alusy dalam potongan ayat 282
dari surat Al-Baqarah tersebut, secara singkat dapat disimpulkan bahwa;
1.
Dari segi paradigma tafsirnya, beliau menggunakan paradigma komparatif (muqaranah
), karena selain beliau menukil dari alqur’an,hadits, dan pendapat sahabat
dan ulama, beliau juga menyertakan pendapatnya sendiri.
2.
Dari segi jenis tafsirnya, tafsiran ini mempunyai jenis fiqhiyah karena
memang ayatnya berkaitan dengan masalah fiqh.
3.
Ditinjau dari metode analisisnya, beliau menggunakan metode analisis tafshily,
karena beliau tidak hanya menerangkan makna kata, tapi juga alasan pengambilan
maknanya.
4.
Sama dengan kebanyakan tafsir lain, metode pengambilan data dalam tafsir ini,
beliau menggunakan metode tahlili.[11]
3.
Metode Tafsir
Berbicara
metodologi pada prinsipnya adalah berbicara tentang proses dan prosedur dalam
melakukan penelitian atau penulisan, termasuk dalam komponen metodologi adalah
metode, pendekatan, sistematika penyajian dan sumber sumber penafsiran.
a.
Sistematika
Apabila kita
tinjau kembali sistimatika yang di tempuh oleh al-Alusi dalam menafsirkan ayat-ayat
yang tercantum diatas maka dapatlah kita katakan bahwa metode tafsir ini adalah
metode tahlili, karena al-Alusi menjelaskan tentang arti dan maksu ayat-ayat
al-Qur’an dari sekian banyak seginya dengan menjelaskan ayat-ayat demi ayat
sesuai urutannya didalam mushaf, munasabah serta kandungan ayat-ayat tersebut
sesuai dengan keahlian dan kecenderungan al-Alusi.
Sumber-sumber penafsiran yang dipakai al-Alusi adalah memadukan
sumber al-ma’tsur (riwayat) dan al-ra’yi (ijtihad). Artinya dalam menafsirkan
suatu ayat al-Alusi mengunakan sumber riwayat dari Nabi atau sahabat atau
bahkan tabi’in tentang penafsiran Alquran, dan terkadang mengunakan ijtihad
dirinya sehingga keduanya dapat digunakan secara bersama-sama, sepanjang hal
itu dapat dipertanggungjawabkan akurasinya. Berdasarkan hal inilah tafsir
al-Alusi digolongkankan kepada tafsir bil-Ra’yi, karena dalam tafsirnya lebih
mendominasi ijtihadnya atau ra’yinya. Hal ini juga bisa dilihat pada isi
muqaddimah kitabnya (pada faedah yang kedua), ia menyebutkan beberapa
penjelasan tafsir bil-Ra’yi dan argumen tentang bolehnya tafsir bil-Ra’yi,
termasuk kitab tafsir bil-Ra’yinya tersebut.[12]
Sistematika penafsiran yang ditempuh oleh al-Alusi biasanya mengunakan
langkah-langkah di bawah ini:
1.
Menyebutkan
ayat-ayat al-Quran dan langsung menjelaskan makna kandungan ayat demi ayat.
2.
Dalam
analisisnya, terkadang juga al-Alusi menyebutkan asbab al-nuzul terlebih
dahulu, namun kadang beliau langsung mengupas dari segi gramatikanya, kemudian
mengutip riwayat hadis atau qaul tabi’in.
3.
Menerangkan kedudukan suatu kata atau kalimat
yang ada di dalam ayat tersebut dari segi kaidah bahasa (ilmu nahwu).
4.
Menafsirkan dengan ayat-ayat lain.
5.
Memberikan
keterangan dari hadis Nabawi bila ada.
6.
Mengumpulkan pendapat para penafsir terdahulu.
b.
Kecenderungan (Naz’ah/Ittijah)[13]
Dalam penjelasannya al-Alusi
memiliki kecenderungan banyak menjelaskan makna samar yang diisyaratkan oleh
lafadz. Kecenderungan penafsiran seperti ini dinamakan Tafsir Isyari/Sufi.
Menurut Tafsir ini ayat memiliki dua makna, makna dzahir dan makna
bathin, yang berupa isyarat samar. Isyarat tersebut hanya dapat ditangkap oleh
nabi SAW atau para wali atau Arbab al Suluk (orang-orang yang menapaki jalan
untuk mendekati Allah SWT). Tafsir semacam ini apabila didasari istinbath yang
bagus, sesuai dengan kaidah bahasa Arab dan memiliki dalil penguat yang
menunjukkan kebenarannya tanpa ada yang menentang, maka dapat diterima. Apabila
tidak demikian, maka dianggap pembodohan.[14]
Menurut Ibn al Qayyim, corak penafsiran orang itu seputar pada tiga
hal pokok: Tafsir tentang lafadz, yaitu yang dilakukan oleh orang-orang
belakangan (Muta’akhrin); tafsir tentang makna, yaitu yang dilakukan
oleh mayoritas kaum sufi, dan lain-lain.pendekatan tafsir yang terakhir ini tidaklah
terlarang selama memenuhi empat syarat yaitu:
1.
Tidak
berlawanan dengan makna lahir ayat
2.
Makna itu sendiri shahih
3.
Pada
lafadz yang ditafsirkan itu memamang
mengandung indikasi makna Isyari.
4.
Antara
makna isyari dan makna lahir terdapat hubungan yang erat.
Apabila keempat syarat itu terpenuhi, maka tafsir isyari itu
bisa dipakai.[15]
Penutup
A.
Kesimpulan
Nama lengkap imam al-Alusi adalah Abu al-Ma’ali Jamaluddin bin
as-Sayid Abdullah Baharuddin bin Muhammad al-Khatib al-Alusi al-Baghdadi
al-Husaini. Beliau adalah keturunan Imam al-Husain dari ayahnya dan keturunan
imam al-Hasan (Ibnu Ali bin Abi Thalib) dari ibunya.
Sumber Penafsiran, ditilik dari sumbernya, Tafsir Ruh al Ma’ani
selain menggunakan dalil nash al Qur’an, al Hadis, aqwal al ‘ulama juga ra’yu.
Ra’yu inilah yang paling besar porsinya. Dan juga dikelompokkan ke dalam
golongan tafsir bil iqtirani, yakni tafsir yang memadukan antara sumber
penafsiran yang ma’tsur juga menggunakan ra’yu.
Dalam memberikan penjelasan, al Alusi banyak mengutip pendapat para
ahli yang berkompeten. Seringkali ia juga memiliki pendapat sendiri yang
berbeda dengan pendapat yang dikutip. Bahkan ia kadang-kadang juga mengomentari
dan terkadang juga menganggap kurang tepat diantara pendapat-pendapat yang
disebutkannya. Tafsir ini dimasukkan ke padakelompok Tafsir Muqarin/Komparatif.
Penjelasan yang diberikan oleh al Alusi terbilang detil, bahkan
sangat detil. Sehingga tepatlah jika Tafsir Ruh al Ma’anidi masukkan ke dalam
golongan Tafsir Ithnabi (Tafsili)/Detail. Penjelasan di awal surat biasanya
diawali dari nama surat, asbabun nuzul, munasabah dengan surat sebelumnya,
makna kata, i’rab, pendapat para ulama, dalil yangma’tsur (namun jarang), makna
di balik lafaz (makna isyari) dan jika pembahasannya panjang terkadang juga
diberi kesimpulan.
Tafsir ini masuk dalam golongan Tafsir Tahlili. Dalam penjelasannya
al Alusi memiliki kecenderungan banyak menjelaskan makna samar yang
diisyaratkan oleh lafad. Kecenderungan penafsiran seperti ini dinamakan Tafsir
(aliran) Isyari/Sufi.
Daftar Pustaka
Al Alusi, Abu al Sana Syihabuddin al Sayyid Mahmud, Ruh
al Ma’ani Fi Tafsir al
Qur’an al Azim wa al Sab’ al Masani, Beirut: Dar al Kutub al ‘Ilmiyah,
1994
al-qaththan,
Mana’, terj. aunur rafiq al-mazani, Pengantar Studi Ilmu Al_Qur’an,
Basuki, Hafiz, Ensiklopedi Islam Jakarta: Ichtiar
Baru Van Hove, 1993
Ilyas, Hamim, Studi Kitab Tafsir, Jogjakarta: Teras,
2004
Izzan. Ahmad, Ulumul quran. Bandung: Tafakur/ Kelompok
HUMANIORA 2009
Jakarta
timur: Pustaka Al-Kautsar, 2013
http://riuisme.wordpress.com
[1]
Man al-qaththan.terj. aunur rafiq al-mazani, Pengantar Studi Ilmu Al_Qur’an, (Jakarta
timur: Pustaka Al-Kautsar, 2013) Hlm 18
[3] Hamim
Ilyas, Studi Kitab Tafsir (Jogjakarta: Teras, 2004), hlm 159
[4] Hafiz
Basuki, Ensiklopedi Islam (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hove, 1993), jilid
V, hlm. 130.
[5]
Op.cit. hlm 157
[6] Abu al Sana Syihabuddin al Sayyid Mahmud Al
Alusi, Ruh al Ma’ani Fi Tafsir al Qur’an al Azim wa al Sab’ al Masani, (Beirut:
Dar al Kutub al ‘Ilmiyah, 1994), Juz 1 hal 4-5
[7] http://alamtarlam.blogspot.com/tafsir-ruhul-maani-karya-al-alusi
(diakses pada 27 mei 2014)
[8] http://edukasi.kompasiana.com/tafsir-ruhul-maani-518380.html
(di akses pada 27 Mei 2014)
[9] http://riuisme.wordpress.com/ruhul-ma’ani-fi-tafsir-al-qur’an-al-‘azim-wal-al-sab’-al-masan.html
(diakses pada 27 Mei 2014)
[10] menurut
sebagian pakar ahli sejarah merupakan bagian dari kota Baghdad
[11] Sudut
pandang kesimpulan ini berpedoman kepada pembagian metodologi tafsir dalam
MF.zenrif, Sintetis Paradigma Studi al-Quran, Malang: Uin Press, 2008, h. 50
[12] Abu
al Sana Syihabuddin al Sayyid Mahmud Al Alusi , Loc.cit. hlm 6
[13] Naz’ah/Ittijah adalah
sekumpulan dari dasar pijakan, pemikiran yang jelas yang tercakup dalam suatu
teori dan yang mengarah pada satu tujuan.
[14] http://edukasi.kompasiana.com,
Loc.cit. (di akses pada 27 Mei 2014)
[15]
Mana’ al-Qaththan, terj. . Aunur Rafiq al-Mazani. Loc.Cit. hlm 448
3 komentar:
Alhamdulillah, terimakasih informasinya... saya alhamdulillah sudah memiliki kitab Ruh al-Ma'ani versi PDF lengkap. jika berminat silahkan menuju link berikut ini : http://galerikitabkuning.blogspot.co.id/2016/03/download-tafsir-ruh-al-maani-al-alusi-lengkap.html
Assalamualaikum, ust boleh kah minta terjemahan dari kitab al alusi?? 😢
Terimakasih
Ini sungguh bermanfaat untuk Saya
Posting Komentar